Info Menarik Seputar Tips dan Inspirasi

Tips dan Kiat Sukses Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan

Artikel terkait : Tips dan Kiat Sukses Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan

 

Cara Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan - Pada tulisan sebelumnya kami membahas cara petani sukses budidaya cabe. Kali ini kami akan sedikit mengulas tips menanam cabe dan tomat di musim penghujan. Kita ketahui cabe dan tomat adalah satu suku/famili, yaitu famili solanaceae, sehingga memiliki jenis penyakit yang hampir sama. Penanaman cabe dan tomat dimusim penghujan disebut bertanam diluar musim (off season). 

Curah hujan dan kelembaban yang tinggi akan memicu berkembangnya hama dan penyakit, sehingga memperbesar resiko kegagalan panen.
Cara Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan
Cara Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan
Cara Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan
Cara Menanam Cabe dan Tomat di Musim Penghujan
Untuk memperkecil resiko kegagalan, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidayatomat dan cabe adalah sebagai berikut :
  1. Pilih varietas yang tepat untuk bertanam dimusim penghujan, yaitu varietas yang tahan terhadap serangan hawar daun, bercak bakteri dan layu fusarium
  2. Perbaikan saluran drainase. Usahakan air tidak menggenang disekitar tanaman, karena air yang menggenang menjadi pemicu berkembangnya hama dan penyakit, terutama serangan layu. Drainase dipastikan harus benar-benar bagus sehingga air bisa mengalir lancar.
  3. Meninggikan bedengan untuk mengurangi tingginya kelembaban tanah. Usahakan membuat bedengan lebih tinggi dibandingkan pada saat musim kemarau. Jika pada musim kemarau bedengan dibuat biasanya setinggi 50 cm, maka pada musim penghujan bisa dibuat setinggi 60-70 cm.
  4. Pengaturan jarak tanam. Untuk mengurangi kelembaban dan memberikan keleluasaan cahaya matahari masuk disela-sela tanaman, maka gunakan jarak tanam yang lebih lebar. Untuk tomat bisa menggunakan jarak 50-60 cm, untuk cabe 60-70 cm. Pengaturan jarak tanam mengurangi resiko pecah buah.
  5. Menggunakan mulsa hitam perak untuk menkontrol kelembaban tanah dan mengurangi penyebaran penyakit dari cipratan tanah yang terkena hujan, yang kemungkinan mengandung bibit penyakit atau patogen.
  6. Sanitasi sekitar tanaman dengan cara membersihkan areal pertanaman dari gulma dan tanaman liar lainnya yang bisa menjadi inang atau tempat hidup sementara hama dan penyakit
  7. Penggunaan pestisida yang tepat dengan perekat dan perata untuk efisiensi penggunaan pestisida. Penggunaan perekat dan perata menjadikan pestisida mempunyai daya rekat dan daya sebar yang tinggi, sehingga tidak mudah tercuci oleh air hujan.
  8. Beberapa tanaman Cabe yang cocok dan cukup adaptasi dengan musim penghujan adalah Cabai F1 Imperial 10, F1 Elegance, F1 Restu, F1 Gada, F1 Fanatic, F1 Rimbun, F1 Flash, F1 Kiyo, F1 Bhaskara, F1 Dewata 43 dan F1 Nirmala
  9. Sedangkan tanaman tomat yang cocok di tanam di Musim penghujan antara lain adalah : Tomat F1 Tymoti, F1 Tantyna, F1 New Idaman, F1 Diamona, F1 Warani, F1 Fortuna 23< F1 Royal 58 dan F1 Servo.
Untuk pemenuhan kebutuhan benih yang sesuai ditanam dimusim penghujan dapat diperoleh di LMGA Agro, grosir belanja on line produk pertanian. Cukup dengan menghubungi kontak person, maka support tim akan membantu memilih produk yang sesuai.

Artikel Aby Spacetion Lainnya :

Copyright © 2015 Aby Spacetion | Design by Bamz