Info Menarik Seputar Tips dan Inspirasi

Vertical Garden dan Cara Mudah Membuatnya

Artikel terkait : Vertical Garden dan Cara Mudah Membuatnya

Vertical Garden dan Cara Mudah Membuatnya

Vertical Garden
Vertical Garden
Vertical Garden dan Cara Mudah MembuatnyaSiapa bilang menghadirkan vertical garden di rumah itu sulit? Kreasi Maria Luthfisani dari MLA Design ini dapat mengakomodasi kebutuhan pencinta tanaman yang menyukai cara praktis dan mudah.

Kreasi ini serupa dengan wall planter yang sangat praktis diterapkan sebagai elemen dekorasi pada dinding rumah, kantor, gedung ataupun dekorasi ruang-ruang semi-permanen lainnya. Vertical garden ini seperti halnya merawat tanaman pot tetapi diterapkan secara vertikal dengan cara digantung pada dinding.

Cara Praktis Membuat Vertical Garden

Pada prosesnya, menggunakan media planter dari bahan cocopeat yaitu serat sabut kelapa yang sudah dipres berbentuk lembaran setebal 8 mm sampai 10 mm. Lembar-lembar cocopeat dijahit pada sebuah bingkai (frame) membentuk kantong-kantong yang berfungsi sebagai media tanam bagi tanaman. Ukuran cocopeat disesuaikan dengan luas ruang yang tersedia. Bahkan, desainnya bisa dibuat lebih simpel dan lebih kecil sehingga cukup digantung dengan pengait saja.
Vertical Garden
Vertical Garden
Cocopeat merupakan bahan organik yang memiliki sifat lentur dan mampu menyerap kelembapan media di dalamnya. Sifat Cocopeat hanya sebagai pelindung dan struktur penyangga yang menahan tanaman dan media untuk mengembangkan sistem perakaran tanaman.


Adapun sumber nutrisi yang diperlukan oleh tanaman tetap berasal dari media kompos ringan yang diselipkan di antara celah-celah lembaran cocopeat tersebut. Dengan volume media tumbuh yang terbatas tersebut, maka sistem dinding organik (organic wall) ini sifatnya sementara, yang secara rutin perlu diganti media dan tanamannya.

Baca juga Tips dan Inspirasi Berkebun lainnya:
Sekian artikel mengenai Vertical Garden dan Cara Mudah Membuatnyasemoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Fotografer : Tri Rizeki Darusman
Koleksi : Maria Luthfisani dari MLA Design

Artikel Aby Spacetion Lainnya :

Copyright © 2015 Aby Spacetion | Design by Bamz